More than Just Information.


Tidak ada penilaian benar atau salah secara mutlak dalam desain grafis, karena ini adalah dunia yang ‘relatif’ dan penuh dengan ‘cita rasa’ yang ada hanyalah penilaian cocok atau tidak cocok, dan tepat atau tidak tepat. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat desain grafis adalah:

1. Inti dari publikasi ada pada pesannya. Seni hanya pemanis dan teknologi hanya alat bantu agar pembaca tertarik, bukannya malah menutupi keterbacaan pesan.

2. Susunan tata letak berdasar alur mata manusia, yaitu umumnya dari kiri ke kanan dan dari atas kebawah. Buatlah mata pembaca seolah dituntun menelusuri alur tersebut.

3. Pelajari tipografi dan susunan huruf. Setiap huruf mempunyai karakter masing-masing yang hanya cocok dipakai untuk publikasi dengan karakter tertentu pula.

4. Pelajari psikologi warna. Warna juga memiliki sifat dan psikologi sendiri-sendiri.

5. Tonjolkan judul dan hal penting lainnya sebagai eye catcher, baik denagn cara membesarkan ukuran, memberi warna, maupun menempatkannya pada posisi yang paling mudah dibaca.

6. Hindari menggunakan efek-efek komputer yang tidak perlu seperti efek bayangan, emboss, dll. Efek yang tidak pada tempatnya justru akan membuat desain menjadi terlalu ramai, sulit dibaca dan menyebalkan.

7. Desain, teks, foto atau elemen grafis lainnya yang terlalu rapat/berdesak-desakan dapat mengurangi nilai estetis dan memberi kesan sesak. Berikan ruang yang proporsional di kanan, kiri, atas, dan bawah desain publikasi anda.

8. Hal terpenting dari desain grafis adalah komposisi. Komposisi desain harus diatur sesuai dengan prinsip-prinsip desain sebagai berikut:

a. Keseimbangan (Balance) Simetris, Asimetris, atau radial.
b. Irama (Rhythm) Normal, Mengalir, atau progresive (berproses).
c. Skala & Proportion Jauh/lepas, sedang, atau dekat/intim.
d. Fokus (Dominance) Hirarki atau Contras
e. Kesatuan (Unity) Kedekatan, keselarasan, Similirity & perataan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: